Selasa, 16 Maret 2010

INTRVENSI DINI ANAK AUTIS

Intervensi Dini Anak Autisme
Saragi (dalam Hadis, 2006) menyatakan dua hal pokok yang berkenaan dengan intervensi dini bagi anak autisme, yaitu deteksi awal dan intervensi dini itu sendiri.
a. Deteksi Dini
Gejala autisme biasanya dapat dilacak pada bayi yang berumur 30 bulan atau sebelum berumur 2,5 tahun. Pada kasus autisme infantile, pada anak usia 4 bulan, perilaku anak yang autistik sudah berbeda dengan perilaku anak pada umumnya. Anak autisme dapat dideteksi oleh ibunya dengan melihat perilaku aneh anak yang muncul pada awal pertama anak itu dilahirkan.
b. Penanganan Dini Anak Autistik
Usia antara 2-5 tahun adalah usia yang sangat ideal untuk memulai menangani anak autisme. Prinsip penanganan sendiri mungkin lebih baik daripada intervensi yang terlambat. Penanganan secara dini terhadap perkembangan anak yang mengalami gangguan sangat mengguntungkan, karena anatomi otak anak usia tiga tahun masih bersifat plastik sehingga masih dapat dikembangkan. Diagnosa lain yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam upaya memberikan penanganan dini, ialah dengan membandingkan perilaku anaknya dengan anak tetangga yang sebaya usia. Jika orang tua menemukan gejala seperti itu, maka sebaiknya orang tua konsultasi lebih dini dengan ahli yang terkait.

DAFTAR PUSTAKA
Hadis, A. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Jakarta. Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar