Kamis, 03 Juni 2010

Gangguan Perilaku Selain Autism Yang Berkaitan Dengan Alergi

- Gerakan Motorik Berlebihan
Usia < 6 bulan: mata/kepala bayi sering melihat ke atas. Tangan dan kaki bergerak berlebihan, usia > 6 bulan bila digendong sering minta turun atau sering bergerak/sering menggerakkan kepala ke belakang-membentur benturkan kepala. Sering bergulung-gulung di kasur, menjatuhkan badan di kasur (“smackdown”), sering memanjat. Gejala “Tomboy” pada anak perempuan.

- Gangguan Tidur(biasanya MALAM-PAGI)
Gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi “nungging”, berbicara/tertawa/berteriak dalam tidur, sulit tidur, malam sering terbangun/duduk,mimpi buruk, “beradu gigi”.

- Agresif
Sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt “gemes”).

- Gangguan Konsentrasi
Cepat bosan terhadap sesuatu aktifitas (kecuali menonton televisi atau baca komik), malas belajar, tidak teliti, terburu-buru, sering kehilangan barang.

- Gangguan Emosi
Mudah marah, sering berteriak /mengamuk/tantrum, keras kepala

- Gangguan Perkembangan Motorik
Tidak bisa bolak-balik, duduk, merangkak sesuai usia. Berjalan sering terjatuh dan terburu-buru, sering menabrak, jalan jinjit, duduk leter W/kaki ke belakang, Flat food.

- Keterlambatan Bicara
Tidak mengeluarkan kata umur < 15 bulan, hanya 4-5 kata umur 20 bulan, kemampuan bicara hilang dari yang sebelumnya bisa, biasanya > 2 tahun membaik.

- Impulsif
Banyak bicara/tertawa berlebihan, sering memotong pembicaraan orang lain.

- Hiperaktif(ADHD/ADD)

Daftar pustaka
http://www.medicastore.com/med/artikel.php?id=144&keyword=&UID=20080731101508125.208.146.56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar