Kamis, 03 Juni 2010

(general anxiety disorder; GAD)

Gangguan kecemasan umum (general anxiety disorder; GAD) merupakan bentuk gangguan kecemasan dimana individu secara terus-menerus merasakan ketegangan yang tinggi dalam kehidupan sehari-harinya. Hampir secara keseluruhan waktu yang dimiliki individu cenderung bereaksi secara berlebihan terhadap stres yang ringan sekalipun. Penderita gangguan kecemasan ini tidak mampu membuat dirinya santai, secara terus-menerus merasa takut dengan hal-hal yang menyangkut masa depan, pengambilan keputusan dan sulit untuk berkonsentrasi.

Individu yang mengalami gangguan kecemasan umum berkaitan erat dengan kemunculan serangan panik, suatu episode ketakutan berat dan terjadi secara mendadak. Perasaan ini ditandai dengan meningkatnya debaran jantung secara cepat, tremor, berkeringat, sesak napas, mual dan pingsan. Penderita GAD mungkin tidak mengetahui secara pasti mengapa mereka mengalami ketakutan (free-floating), hal ini disebabkan kecemasan yang muncul tidak dipicu oleh peristiwa tertentu saja melainkan dalam pelbagai situasi pemicu stres yang beragam.


Simtom

Secara diagnostik seseorang dikatakan GAD bila luapan kecemasan muncul dalam setiap hari secara bervariasi selama ―setidaknya selama 6 bulan. Beberapa simtom yang ada lainnya;
- Kekhawatiran terhadap sesuatu hal yang tidak pasti
- Sulit berkonsentrasi
- Gelisah, tidak dapat bersikap santai
- Kesulitan tidur atau mengalami gangguan tidur
- Kecemasan setiap saat atau pada saat tertentu setiap harinya
- Sering berdebar tanpa sebab yang jelas
- Pucat, mudah letih dan tubuh terasa lebih hangat
- Mual dan rasa sesak napas bahkan kadang seperti kejang
- Sakit kepala
- Ketegangan otot
- Gemetar dan berkeringat
- Sering ke kamar mandi

Individu yang mengalami GAD ringan dapat berfungsi penuh secara sosial dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik, mereka tidak selalu menghindari situasi sebagai akibat gangguan kecemasan tersebut, akan tetapi mereka kesulitan dalam melakukan beberapa kegiatan sehari-harinya ketika terjadinya peningkatan kecemasan. Kemunculan GAD tidak terjadi dengan begitu saja, sering diawali dengan kemunculan gangguan kecemasan (anxiety disorder), depresi atau pengalaman trauma dan kekerasan pada masa lalu.


Treatment

Medikasi
Treatment GAD pada dasarnya hampir sama dilakukan pada penderita gangguan kecemasan lainnya.
Obat acuan SSRI (Selective Serotonin-Reuptake Inhibitors) adalah Venlafaxine (Effexor). Penggunaan obat jenis SSRI ini memunculkan rasa gugup pada pengguna awal, disamping itu jenis obat-obatan ini haruslah dibawah pengawasan dokter secara ketat. Dosis yang tidak tepat dapat mengakibatkan terjadinya penurunan (disfungsi) seksual.

Obat jenis tricyclics dapat berupa imipramine (Tofranil)

Jenis obat anti kecemasan lainnya;
- Clonazepam (Klonopin), alprazolam (Xanax) digunakan bila disertai dengan adanya serangan panik.
- Buspirone (Buspar), merupakan azapirone, adalah jenis obat terbaru dalam pengobatan anti cemas untuk pasien dengan gangguan GAD. Efek penggunaan obat ini adalah munculnya rasa sakit kepala, gugup dan pusing. Tidak seperti benzodiazepines, buspirone haruslah digunakan secara konsisten setidaknya 2 minggu untuk dapat melihat hasil yang lebih baik.

Psikoterapi
Psikoterapi yang sering digunakan untuk gangguan GAD adalah cognitive-behavioural therapy (CBT), sama halnya dengan treatment yang diberikan pada gangguan cemas pada umumnya. Lamanya terapi minimal dilakukan adalah selama 12 minggu, biasanya dipilih group terapi dengan kondisi anggota group adalah sama dengan pasien dianggap lebih efektif dalam penyembuhan.

Dalam CBT, terapis akan memberikan latihan pernafasan dan teknik relaksasi ketika menghadapi kecemasan, dalam terapi ini terapis berusaha membantu pasien menemukan ketenangan dengan menciptakan rileks dalam diri individu, bersamaan dengan itu pasien juga diberikan sugesti bahwa kecemasan-kecemasan yang muncul itu tidak realistis.

CBT diberikan bila adanya keinginan dan kerjasama antara pasien dan terapis untuk efektivitas treatment yang akan dilakukan. Pasien haruslah bekerjasama sepenuhnya dan melakukan semua perintah-perintah yang terapis berikan, oleh karenanya CBT tidak akan diberikan bila tidak adanya keinginan pasien untuk melakukan psikoterapi. Pada akhir CBT, beberapa tugas akan diberikan oleh terapis untuk dikerjakan dan dilakukan oleh pasien di rumah, pasien juga harus melaporkan efektivitas dan kemajuan yang diraihnya selesai CBT diberikan.

Daftar pustaka
http://www.pikirdong.org/psikologi/psi24gadp.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar